80 CNE Point Untuk Nursing License Renewal di Qatar

qchp1

Doha – Qatar | Konsil Praktisi Tenaga Kesehatan di Qatar (Qatar Council for Healthcare Practitioners/QCHP) merupakan konsil yang mengemban amanah dari Supreme Council of Health Qatar dalam bidang Registration & Licensing, Fitness to Practices, Accreditation and Health Profession Education di Negara Qatar.

Salah satu tanggung jawab QCHP Accreditation Department (QCHP-AD) adalah pengembangan profesi berkelanjutan (Continuing Professional Development/CPD) bagi praktisi tenaga kesehatan (Healthcare Practitioners/HCP) di Qatar.QCHP mengelompokkan tenaga kesehatan kedalam empat profesi yaitu Dokter (Physician), Perawat (Nurse), Dokter Gigi (Dentist), Aptoteker (Pharmacist), dan Tenaga Kesehatan lainnya (Allied Health Professionals). 

Mulai 7 Maret 2016, QCHP-AD akan menerapkan program CPD bagi praktisi tenaga kesehatan di Qatar. Program ini wajib diikuti oleh semua tenaga kesehatan di Qatar tanpa terkecuali. Dengan sistem baru ini maka setiap tenaga kesehatan wajib memenuhi 80 kredit poin selama masa 2 tahun atau 40 kredit poin setiap tahunnya.

50 persen dari total kredit poin yang ditargetkan berasal dari kategori 1, sementara 50 persen sisanya berasal dari kategori 2 dan atau kategori 3, atau kombinasi keduanya. 

Setiap tenaga kesehatan di Qatar bertanggungjawab melaporkan semua kegiatan pendidikan profesi berkelanjutannya dalam format ePortofolio. Selain pelaporan dalam bentuk portofolio, bukti keikutsertaan (sertifikat) perlu dipersiapkan sebagai kelengkapan dokumentasi.

Dalam masa tertentu, QCHP juga akan melakukan ujian secara acak pada tenaga kesehatan terkait dengan kegiatan pendidikan profesi berkelanjutan yang dilakukannya.

EPortofolio hingga saat ini masih dalam tahap finalisasi oleh pihak QCHP-AD. Bagi tenaga kesehatan di Qatar bisa membuat dokumentasi sementara atas program pendidikan yang sudah dijalaninya. Secara sederhana bisa dimasukkan ke dalam format excel. Jika sewaktu-waktu ePortofolio sudah siap, maka kita tinggal memasukkannya tanpa harus mengingat-ingat yang sudah berlalu.

Pemilihan jenis CPD nya berdasar pada beberapa hal diantaranya: kebutuhan belajar dari masing-masing individu tenaga kesehatan (the learning needs of the individual practitioner), konteks kebutuhan dalam organisasi tempat kerjanya (the context of the needs of their organization), kebutuhan pasiennya (the needs of patients), dan menyesuaikan subyek yang disenanginya (personal learning preferences). 

Sesuai dengan CPD Framework dari QCHP-AD, ada tiga kategori pendidikan berkelanjutan yaitu:

  1. Kategori 1 – Kegiatan belajar berkelompok yang terakreditasi (Accredited Group Learning Activities), yaitu kegiatan yang telah dianggap memenuhi seperangkat standar administrasi , pendidikan dan etika yang ditetapkan oleh QCHP-AD. Kegiatan-kegiatan dalam kategori ini antara lain: konferensi, simposium, seminar dan workshop; Educational rounds (including morning report in healthcare facilities, grand rounds, morbidity & mortality round, tumor boards and case-based discussions); Journal clubs; online synchronous and blended learning activities.  Rata-rata kredit poin dalam kategori 1 adalah 1 kredit poin per jam. Sertifikat kehadiran atau surat yang menyatakan berapa jumlah total jam/kredit yang didapatkan dari organisasi terakreditasi.
  1. Kategori 2 – Kegiatan belajar mandiri (Self-Directed Learning Activities), yaitu meliputi 3 kegiatan: praktik klinik, pendidikan dan training, riset dan peningkatan kualitas.
  1. Kegiatan praktik klinik diantaranya menjawab pertanyaan-pertanyaan klinik mandiri (self-identified clinical questions) bernilai 0.5 kredit/jam. Membaca jurnal, buku atau monograf yang bernilai 1 kredit/jam. Melengkapi modul belajar mandiri (self-learning modules) bernilai 1 kredit/jam. Melihat podcast atau webcast dengan nilai 0.5 kredit/jam. Kegiatan clinical practice ini dibuktikan dengan dokumen-dokumen belajar mandiri di dalam ePortofolio atau jika memungkinkan menyertakan transkrip dari pihak terkait.
  1. Pendidikan dan training diantaranya postgraduate degree atau diploma programs yang diakui oleh lembaga professional, dengan nilai 25 kredit/semester. Persiapan kegiatan pengajaran formal dengan nilai 2 kredit/jam. Development of assessment tools or activities (including Objective Structured Clinical Examination (OSCE), MCQ or short answer questions) dengan nilai 2 kredit/jam. Sesi edukasi untuk meningkatkan ketrampilan penguji, 1 kredit/jam. Mementori pelajar, trainee atau rekan kerja, 1 kredit/jam. Kesemuanya harus didukung dengan sertifikat atau surat pernyataan keikutsertaan dalam program oleh lembaga atau institusi terkait.
  1. Riset dan Peningkatan Kualitas meliputi kegiatan pengembangan hibah penelitian atau publikasi review bersama, 1 kredit/jam; Review bersama dalam praktik klinik, 1 kredit/jam; Review bersama untuk jurnal atau hibah penelitian, 1 kredit/jam; berpartisipasi atau memimpin dalam proyek peningkatan kualitas, 10 kredit/jam. Dokumen keikutsertaan menjadi bukti yang disampaikan ke QCHP.
  1. Kategori 3 – Kegiatan pengkajian (Assessment Activities), yaitu kegiatan yang bersifat individu, atau kelompok tenaga kesehatan, atau inter-team kesehatan professional, dengan data dan timbal balik sesuai pengetahuannya, kompetensi atau prestasinya. Semua program pengkajian, kegiatan, atau instrument harus esuai standar yang dikeluarkan oleh QCHP-AD. Kegiatan pengkajiannya meliputi program pengkajian pengetahuan, simulasi, audit klinik, timbal balik dari berbagai sumber, observasi langsung terhadap prosedur atau prestasi dalam praktik, bernilai 2 kredit/jam. Pengkajian lainnya meliputi timbal balik dari review prestasi tahunan dan timbal balik terhadap efektivitas pembelajaran, bernilai 2 kredit/jam. Dokumen pendukung berupa sertifikat atau surat dari organisasi terkait.

Ketiga kategori CPD Program yang dibuat oleh QCHP-AD bisa dilakukan dengan pertemuan secara tatap muka atau secara online, disesuaikan dengan kegiatan pembelajarannya.

Hingga saat ini ada beberapa institusi yang sudah terakreditasi oleh QCHP sebagai penyelenggara CPD Program yaitu Qatar University: College of Pharmacy and Department of Health Sciences, College of North Atlantic, Qatar (CNA-Q): School of Health Sciences, Weill Cornell Medical College in Qatar(WCMCQ), College of Nursing, University of Calgary, Primary Health Care Corporation (PHCC): Workforce Training & Development Department, Hamad Medical Corporation (HMC) Office of Professional Pharmacy Development and Pharmacy Department, Al Emadi Hospital, UpToDate by Wolters Kluwer Health, BMJ Learning, Swank Healthcare dan Supreme Council of Health (SCH), Learning & Development, Human Resources Department.

Dukhan, 4 Januari 2016

Sugeng Riyadi (@sugengbralink)

Sekretaris PPNI Perwakilan Qatar

 

Advertisements

2 thoughts on “80 CNE Point Untuk Nursing License Renewal di Qatar

  1. Assalamu’alaikum, informasinya sangat bermanfaat. Pak Sugeng kerja di Rumah Sakit apa di Qatar? Oh iya, Saya kirim pesan via email, saya nantikan balasannya ya Pak. Terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s